Cara Mendapatkan Nilai Plus Dalam Test Kerja Tahap FGD (Focus Group Discussion)

 "selamat pagi dan semangat pagi sobat berbagi"


Selamat pagi sobat berbagi, disini saya mau berbagi pengalaman tentang Test FGD (Focus Group Discussion) dimana FGD dalam test kerja  adalah diskusi kelompok yang melibatkan lebih dari satu orang yang bertujuan untuk mendapatkan suatu solusi dari permasalahan dan melihat sisi kepribadian seseorang dari bagaimana dia dapat berkomunikasi dengan baik, menghargai pendapat orang lain, inisiatif menjawab dan memunculkan ide kreatif dari seseorang. FGD biasanya dilakukan di tahap setelah test interview atau sebelum interview, test FGD biasanya diberikan oleh seorang HRD suatu permasalahan untuk dapat kita atasi dengan ide ide dari peserta FGD dan biasanya HRD juga merngkap menjadi moderator atau kadang peserta test yang mengajukan sebagai moderator, nilai plus dan trik dalam FGD dari pegalaman saya dan dari teman saya

1.       FGD itu tentang diskusi kelompok jadi kita harus bisa menghargai pendapat orang lain.

2.       Inisiatif menjawab karena diuji untuk keberanian kita dalam memulai memberikan jawaban atau solusi.

3.       Menhargai pendapat orang lain.

4.       Memberika ide yang yang berbeda dengan yang lain.

5.       Tidak menjatuhkan peserta lain.

6.       Attitude yang baik.

Contoh kata-kata dalam memulai FGD dan menjawab FGD

“Terima kasih waktu dan kesempatanya, menurut saya gagasan yang disampaikan saudara menarik namun menurut saya akan lebih baik..(...Ide Jawaban..).” apabila tidak setuju dengan jawabnya.

“Menurut saya gagasan yang disampaikan saudara sangat tepat jika boleh saya tambahkan...(..Ide Jawaban..).” apabaila jawaban setuju.

“Baiklah, terima kasih waktu dan kesempatanya, menurut saya ..(..Ide Jawaban..).” apabila sebagai initiator.

“Asalamualamualaikum wr wb, disini saya mau menawarkan diri sebagai moderator untuk FGD pada hari ini agar berjalan baik dari awal hingga akhir apakah boleh teman-teman.” Apaila mengajukan sebagai moderator.

Terima Kasih, semoga bermanfaat.

 

 

 

Sumber : Rizkie Dewantoro Putro S.P dan temanya.

Pic          : ICSI (Institute For An Industrial Safety Culture)


Rizkie Dewantoro Putro

menjadi pemimpin yang dapat mencetak pimpinan pimpinan baru

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama